SELAMAT BERKUNJUNG,BERGABUNG MENJALIN IKATAN KEMITRAAN

Jalinan Kemitraan digalang oleh rasa simpati yang menggerakkan diri tuk berbuat "satu" namun memberi "seribu satu" makna,bagi eksistensi organisasi dan menciptakan karsa bagi mereka [Tunanetra]menghilangkan sikap stereotype,diskriminatif dan antipati sehingga mereka dapat eksis dalam kehidupan menuju penyetaraan [Berbuat Untuk Tunanetra,Berbuat Untuk Semua] Bagi sahabat yang ingin berbagi dan mendukung Program Kami,Kampanyekan Blog ini dengan mengcopy Banner Komunitas Peduli Tunanetra.Klik Disini
Buat Para Sahabat Pengunjung ,Blogger,Anggota KAPTEN MITRA,dan Anggota BAMPER XII,kami tunggu masukan dan sarannya yah, demi membangun organisasi kami dan terkhusus kepada para penyandang cacat khususnya Tunanetra.
Kami merekomendasikan Anda untuk mempergunakan Mozilla FireFox Web Development & Hosting

Rabu, Mei 07, 2008

Gigi Pulihkan Kebutaan?

Bisakah Anda bayangkan jika gigi Anda "dipasang" pada bagian mata? Jangan berpikiran yang aneh-aneh dulu. Sebab, inilah kenyataan yang terjadi pada seorang pria yang bernama Bob McNichol, seorang warga County Mayo, Irlandia. Namun, jangan dibayangkan yang dipasang adalah bentuk gigi utuh ke mata.

Pria ini mendapat cangkokan gigi di matanya untuk menyembuhkan penglihatannya yang menderita kebutaan karena sebuah kecelakaan. Bob terkena ledakan aluminium cair panas dalam sebuah bisnis daur ulang November 2005 silam.

Ia hampir putus asa karena dokter yang menanganinya mengatakan ia akan buta seumur hidupnya. Tetapi, beruntung ia mendengar ada satu teknologi unik yang dicetuskan oleh dokter Christopher Liu dari RS Mata Sussex, Brighton, Inggris. Dokter ini mengenalkan sebuah penemuan yang diberi nama Osteo-Odonto-Keratoprosthesis (OOKP). Teknik ini sebenarnya adalah penyempurnaan dari metode pembuatan kornea mata buatan dari gigi dan tulang yang sudah pernah dikembangkan dari tahun 1960-an di Italia.

Untuk keperluan pencangkokan ini, Bob mendapat donor gigi dari anaknya Robert. Kemudian, gigi tersebut diambil bagian akarnya yang berada pada bagian rahang. Setelah itu, mata Bob dibuat semacam lekukan, kemudian bagian gigi akan disisipkan. Gigi ini rupanya berfungsi untuk diberi lensa yang disematkan dalam sebuah lobang yang dibuat sebelum dimasukkan ke lekukan mata. Dan, dari lensa buatan inilah mata Bob bisa memperoleh kembali penglihatannya.

Untuk menyangkokkan gigi itu, Bob harus menjalani dua kali operasi. Yang pertama memakan waktu 10 jam, dan operasi kedua lima jam. "Kini, 65 persen kesempatan saya bisa melihat kembali. Sekarang saya bisa melihat sekitar dan menonton TV. Saya telah keluar dari kegelapan," ujar Bob seperti dikutip dari AFP.

Dengan penemuan unik ini, semoga ke depan akan makin banyak orang-orang buta yang terbantu untuk memperoleh penglihatannya kembali. Ada yang berminat mendonorkan gigi?

Postingan Terkait Lainnya :


Widget by BAMPERXII.Co.cc

Your cOmment"s Here! Hover Your cUrsOr to leave a cOmment.

Kata Mereka

Ketua DPD PERTUNI SULSEL Hamzah M.Yamin
Dengan adanya website ini, memberikan warna tersendiri mengenai penyandang cacat, terkhusus tunanetra, media website menjadi salah satu bentuk sosialisasi yang sangat bagus dengan jangkauan internasional,sehingga upaya mempublikasikan sahabat tunanetra dapat terjangkau secara menyeluruh. Aksi yang dilakukan BAMPER XII sebagai organisasi volunter / mitra PERTUNI sangat membantu kinerja DPD PERTUNI SULSEL dan penyandang tunanetra khususnya, teruslah memberikan satu kebaikan kepada mereka yang membutuhkan