SELAMAT BERKUNJUNG,BERGABUNG MENJALIN IKATAN KEMITRAAN

Jalinan Kemitraan digalang oleh rasa simpati yang menggerakkan diri tuk berbuat "satu" namun memberi "seribu satu" makna,bagi eksistensi organisasi dan menciptakan karsa bagi mereka [Tunanetra]menghilangkan sikap stereotype,diskriminatif dan antipati sehingga mereka dapat eksis dalam kehidupan menuju penyetaraan [Berbuat Untuk Tunanetra,Berbuat Untuk Semua] Bagi sahabat yang ingin berbagi dan mendukung Program Kami,Kampanyekan Blog ini dengan mengcopy Banner Komunitas Peduli Tunanetra.Klik Disini
Buat Para Sahabat Pengunjung ,Blogger,Anggota KAPTEN MITRA,dan Anggota BAMPER XII,kami tunggu masukan dan sarannya yah, demi membangun organisasi kami dan terkhusus kepada para penyandang cacat khususnya Tunanetra.
Kami merekomendasikan Anda untuk mempergunakan Mozilla FireFox Web Development & Hosting

Selasa, Oktober 21, 2008

Pemanfaatan sumberdaya alam bagi kelangsungan hidup

Oleh: Sujono sa’id
Kekayaan alam adalah sebuah nikmat dari Allah, karena dengan keberadaan kekayaan alam tersebut kita dapat menikmati indahnya kehidupan ini, dengan hadirnya kekayaan alam, kita dapat memenuhi kebutuhan kita sebagai seorang manusia. Yang termasuk kebutuhan makan, minum, obat-obatan maupun pakaian dan rumah tinggal.
Kekayaan alam yang ada di atas bumi yang merupakan tempat kita ber pijak ini terdiri atas 2 klasifikasi yaitu kekayaan yang berasal dari tumbu-tumbuhan atau nabati dan dari hewan baik mamalia atau menyusui maupun non mamalia atau yang tidak menyusui. Mari kita lihat gambaran akan sumber daya alam yang dapat kita gunakan sebagai bahan untuk memenuhi kebutuhan dalam kelangsungan hidup kita sebagai manusia yaitu kebutuhan makan. Untuk memenuhi kebutuhan makan, kita dapat mengolah bahan makanan dari nabati atau tumbuhan yaitu Beras sebagai makanan inti.
Selain beras, kita dapat mengolah beraneka ragam tumbuhan untuk menjadi sayur-sayuran seperti Nangka, kangkung, Bayam agar kita kuat seperti popay, sebab melalui sayur, kita akan memperoleh zat besi dan sel-sel darah merah yang akan membantu kita untuk memproteksi diri dari berbagai penyakit. Bukan membuat kita tidak akan pernah sakit, tetapi membuat kita paling tidak dapat terhindar dari berbagai penyakitt yang sering menyerang tubuh kita jika tidak memiliki pertahanan.Sumber alam dari kekayaan nabati sebagai lauk pauk yang akan memberikan zat pembangun dalam tubuh kita sehingga jika salah satu dari sekian banyak anggota tubuh kita terluka, maka dengan keberadaan zat pembangun, maka luka kita akan tertutupi dan akan cepat terjadi proses penyembuhan. Untuk lauk pauk, kita dapat meng konsumsi Ikan, Kerang, dan udang. Selain hewan laut, kita juga dapat menjadikan hewan darat sebagai konsumsi lauk pauk, dari hewan darat ini yang saya maksud pada penjelasan sebelumnya sebagai hewan mamalia dan hewan non mamalia atau menyusui dan non menyusui seperti Sapi, Kerbau, Kambing, yang termasuk hewan mamalia yang sangat layak dijadikan sebagai konsumsi lauk pauk pada momen-momen tertentu.
Sedangkan Untuk memenuhi kebutuhan pakaian seperti baju, kita dapat memperolehnya dari tumbuhan kapas sebagai bahan menta yang digunakan untuk mengolah baju dan celana serta sarung yang akan digunakan untuk menutupi tubuh kita, begitupun dengan asesoris seperti tas, dapat di ambil dari kulit hewan-hewan tertentu seperti Buaya Ular, dan rusa. Dalam menjalani kehidupan ini, tentu kita ingin bahagia, maka untuk hidup bahagia, kita harus menjaga kesehatan anggota tubuh kita.Sedangkan untuk menjaga kesehatan tubuh kita, kita dapat mengolah tumbuh-tumbuhan sebagai obat herbal seperti daun papaya yang dapat menghindarkan kita dari gigitan nyamuk aides Igetty yang berpotensi untuk menyebarkan penyakit demam berdarah. Untuk menyembuhkan rasa sakit karena salah satu anggota tubuh terkena air panas, maka kita dapat menggunakan madu sebagai obat untuk pertolongan pertama yang insya Allah akan menghindarkan kita dari rasa sakit akibat dari siraman air panas.
Manusia sebagai makhluk hidup, tentu membutuhkan rumah yang merupakan tempat tinggal, bernaung, serta berlindung dari panas matahari, pencurian, serta tempat tinggal tetap kita sebagai seorang manusia. Untuk membangun rumah, maka kita dapat mengolah kayu, pasir, serta bebatuan yang tersedia di alam tempat kita bermukim.

Postingan Terkait Lainnya :


Widget by BAMPERXII.Co.cc

Your cOmment"s Here! Hover Your cUrsOr to leave a cOmment.

Kata Mereka

Ketua DPD PERTUNI SULSEL Hamzah M.Yamin
Dengan adanya website ini, memberikan warna tersendiri mengenai penyandang cacat, terkhusus tunanetra, media website menjadi salah satu bentuk sosialisasi yang sangat bagus dengan jangkauan internasional,sehingga upaya mempublikasikan sahabat tunanetra dapat terjangkau secara menyeluruh. Aksi yang dilakukan BAMPER XII sebagai organisasi volunter / mitra PERTUNI sangat membantu kinerja DPD PERTUNI SULSEL dan penyandang tunanetra khususnya, teruslah memberikan satu kebaikan kepada mereka yang membutuhkan