SELAMAT BERKUNJUNG,BERGABUNG MENJALIN IKATAN KEMITRAAN

Jalinan Kemitraan digalang oleh rasa simpati yang menggerakkan diri tuk berbuat "satu" namun memberi "seribu satu" makna,bagi eksistensi organisasi dan menciptakan karsa bagi mereka [Tunanetra]menghilangkan sikap stereotype,diskriminatif dan antipati sehingga mereka dapat eksis dalam kehidupan menuju penyetaraan [Berbuat Untuk Tunanetra,Berbuat Untuk Semua] Bagi sahabat yang ingin berbagi dan mendukung Program Kami,Kampanyekan Blog ini dengan mengcopy Banner Komunitas Peduli Tunanetra.Klik Disini
Buat Para Sahabat Pengunjung ,Blogger,Anggota KAPTEN MITRA,dan Anggota BAMPER XII,kami tunggu masukan dan sarannya yah, demi membangun organisasi kami dan terkhusus kepada para penyandang cacat khususnya Tunanetra.
Kami merekomendasikan Anda untuk mempergunakan Mozilla FireFox Web Development & Hosting

Selasa, September 30, 2008

Tunanetra Terbukti Terampil Mengingat

Penelitian yang dipublikasikan di dalam jurnal Current Biology menunjukkan bahwa penyandang tunanetra mahir mengingat sesuatu sesuai urutannya.Menurut salah seorang peneliti Ehud Zohary dari Universitas Hebrew Yerusalem, bagi tunanetra, dunia adalah pengalaman dari urutan kejadian. Contohnya untuk mengidentifikasi obyek yang sulit dibedakan, seperti yoghurt yang berbeda-beda labelnya, tunanetra secara khusus akan meletakkan obyek-obyek tersebut sesuai susunan yang mereka buat dan kemudian memberikan mental tags untuk masing-masing obyek.

Zohary dan koleganya berpendapat, karena tunanetra secara terus menerus menggunakan daya ingatnya untuk mengingat sesuatu, maka hal itu memberikan tunanetra kemampuan mengingat yang unggul.Pada penelitian tersebut, tim peneliti menguji 19 tunanetra sejak lahir dan 19 orang berpenglihatan normal dengan dua tes ingatan. Pada tes pertama, para sukarelawan diminta untuk mendengarkan 20 kata dan kemudian mengingatnya. Pada tes kedua, mereka harus mengingat bukan hanya kata-kata saja, tetapi juga urutannya dalam daftar dengan baik.

Ternyata, para tunanetra itu mampu mengingat 20 hingga 35 persen lebih banyak kata dibanding mereka yang berpenglihatan normal. Ini menunjukkan bahwa tunanetra memiliki daya ingat yang lebih baik dari orang normal.“Umumnya 20 hingga 30 persen dari otak pada dasarnya digunakan untuk penglihatan. Tapi karena tunanetra sejak lahir, bagian otak tersebut (visual cortex) tidak mendapat asupan alaminya,” kata Zohary. Tim peneliti menilai, visual cortex pada penyandang tunanetra bawaan mungkin digunakan untuk fungsi lain seperti untuk mengingat dan proses kebahasaan.

Postingan Terkait Lainnya :


Widget by BAMPERXII.Co.cc
ARA mengatakan...

waw..tenyata tunanetra begitu hebatt!!
go you all!

*hh..dia ga bakalan baca ya??

Cebong Ipiet mengatakan...

kekurangan bukan sbg alasan...masih ada kelebihan yg bisa digali...semangad

Your cOmment"s Here! Hover Your cUrsOr to leave a cOmment.

Kata Mereka

Ketua DPD PERTUNI SULSEL Hamzah M.Yamin
Dengan adanya website ini, memberikan warna tersendiri mengenai penyandang cacat, terkhusus tunanetra, media website menjadi salah satu bentuk sosialisasi yang sangat bagus dengan jangkauan internasional,sehingga upaya mempublikasikan sahabat tunanetra dapat terjangkau secara menyeluruh. Aksi yang dilakukan BAMPER XII sebagai organisasi volunter / mitra PERTUNI sangat membantu kinerja DPD PERTUNI SULSEL dan penyandang tunanetra khususnya, teruslah memberikan satu kebaikan kepada mereka yang membutuhkan